Mempersiapkan Fasilitas untuk Lingkungan Kaya Literasi | Seputar Perpus

Artikel Terbaru

Mempersiapkan Fasilitas untuk Lingkungan Kaya Literasi

Mempersiapkan Fasilitas untuk Lingkungan Kaya Literasi


Fasilitas dalam hal menunjang literasi sangatlah penting khususnya di lingkungan sekolah. Adapun yang bisa dijadikan fasilitas dalam menunjang gerakan literasi ini antara lain adanya perpustakaan sekolah, sudut baca kelas dan area khusus untuk membaca. Perpustakaan yang berada di sekolah salah satunya memiliki fungsi sebagai pusta kegiatan pembelajaran. Pengembangan serta penataan perpustakaan menjadi suatu keniscayaan untuk berlangsungnya gerakan literasi sekolah dasar serta pengelolaan pengetahuan yang berbasis pada bahan bacaan. Dengan pengelolaan perpustakaan yang baik nantinya akan mampu meningkatkan minat baca bagi warga sekolah dasar. Secara ideal perpustakaan memiliki peran dalam mengkoordinasi pengelolaan fasilitas penunjang lainnya antara lain Sudut Baca Kelas, area baca dan fasilitas literasi lainnya yang ada di sekolah dasar.

Perpustakaan Sekolah Dasar
  • Perpustakaan sekolah dasar memiliki fungsi sebagai pusat pengelolaan pengetahian serta sumber belajad di lingkungan sekolah dasar yang dikelola oleh kepala sekolah dasar.
  • Perpustakaan sekolah dasar dapat dikelola secara bersama-sama oleh tim perpustakaan yang terdiri dari tenaga terlatih dalam bidang perpustakaan di dalam pengelolaan bahan literasi.
  • Perpustakaan sekolah dasar sebaiknya dilengkapi dengan berbagai macam sistem serta aplikasi penunjang perpustakaan yang mana bertujuan untuk mencatat pengunjung dan aktivitas membaca serta sarana literasi lainnya.


Sudut Baca Kelas
  • Sudut baca kelas merupakan sarana penunjang gerakan literasi di sekolah yang berada di sudut kelas yang mana dilengkapo dengan koleksi bacaan yang diatur sedemikian rupa agar menarik untuk tujuan menumbuhkan minat baca peserta didik.
  • Sudut baca kelas bertujuan juga untuk memajang koleksi bacaaan serta memajang hasil karya peserta didik.
  • Sudut baca kelas berperan sebagai perpanjangan dari fungsi perpustakaan sekolah dasar intu sendiri, yaitu mendekatkan bahan bacaan kepada peserta didik.
  • Sudut baca kelas dikelola bersama-sama oleh guru, peserta didik dan orang tua.


Area Baca
Area baca merupakan suatu tempat yang bisa menunjang gerakan literasi di sekolah dasar antara lain meliputi lingkungan sekolah secara umum seperti serambi sekolah, koridor kelas halaman, taman, kebun, ruang kelas, tempat ibadah ruang guru, dan lain-lain. Yang mana dilengkapi dengan berbagai macam koleksi bahan pustaka untuk memfasilitasi kegiatan membaca peserta didik dan warga sekolah.

Unit Kesehatan Sekolah, Kantin dan Kebun Sekolah
  • Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di lingkungan sekolah dasar perlu ikut serta dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat seperti mencuci tangan, membersihkan diri serta perilaku yang mendukung kerapian, kebersihan serta keindahan). Media-media seperti poster mengenai topik-topik kesehatan, keindahan yang terkait gaya hidup sehat dan bersih merupakan salah satu media penunjang gerakan literasi di sekolah.
  • Tak hanya sebagai tempat juat beli makanan dikala jam istirahat, Kantin sekolah yang dulunya identik dengan jajanan yang kurang begitu sehat harus diubah dengan mengembangkan teknologi makanan yang bersih dan sehat. Dalam pengemasan dan pengolahan makanan yang ada di kantin sekolah haruslah mengutamakan kebersihan. Dengan demikian, segala rupa aktivitas yang ada di kantin akan memperkuat proses pembelajaran yang selama ini berlangsung.
  • Kebun sekolah merupakan laboratorium hidup yang dapat mengajarkan tentang keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi keberlangsungan hidup. Di dalam kebun sekolah ini, berbagai aktivitas dapat berlangsung untuk memperkuat proses belajar mengajar yang terintegerasi.
  • Untuk menunjang gerkaan literasi di sekolah dasar ini, kebun sekolah, UKS serta kantin haruslah dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman seperti meja, kursi serta rak buku yang berisi bahan bacaan untuk membuat peserta didik lebih nyaman dalam membaca.
BERIKAN KOMENTAR ()