Book Shower, Menjadikan Buku-buku di Perpustakaan Jepang Wangi dan Baru Kembali | Seputar Perpus

Artikel Terbaru

Book Shower, Menjadikan Buku-buku di Perpustakaan Jepang Wangi dan Baru Kembali



Dimulai sejak tahun 2014 Negeri Matahari telah meluncurkan suatu alat sederhana yang bernama Book Shower. Ternyata tak hanya manusia saja yang harus mandi, buku pun tak mau kalah untuk tampil wangi. Karena memang terkadang kita sebagai penikmat buku merasa urang nyaman ketika buku yang kita baca berbau apek, kotor dan membuat tidak nyaman ketika dipegang.

Dengan alat besar setinggi 1,5 meter ini, di Jepang sana buku-buku yang telah berbau kini bisa "dimandikan" agar menjadi wangi dan terlihat baru lagi.

Book Shower tersebut mula-mula dibuat dan didistribusikan oleh pusat pendistribusian perpustakaan Jepang atau Toshokanryutsusenta (TRC).

Alat tersebut dibuat dengan dilatarbelakangi oleh banyaknya buku yang telah lama dan semakin kotor serta bau, yang disebabkan karena terkena hujan, bencana alam seperti gempa dan banjir.  Book Shower ini didistribusikan di sekitar daerah Kanto (Tokyo dan sekitarnya) serta Tohoku (Sendai, Fukushima dan sekitarnya), namun seiring banyaknya permintaan dan pertimbangan yang lain kini Book Shower telah menyebar ke berbagai tempat perpustakaan di Jepang.


Cara Mengoperasikan Book Shower
Ketika pengunjung ingin meminjam buku dari perpustakaan, dan mau "memandikan" bukunya terlebih dahulu sebelum dibawa pulang ke rumah. Buku tersebut diletakkan kedalam Book Shower, diteggakan tepat di tengah lekukan kawat berbahan stainless-steel di bagian kiri atau kanan. Setelah itu pintu Book Shower ditutup, dan tombol start ditekan untuk memulai proses memandikan buku.

Proses tersebut berlangsung sekitar kurang lebih 30 detik dan indikator lampu berwarna kuning tampak menyala dan juga nampak angin membersihkan semua halaman buku tersebut. Proses tersebut dapat dengan mudah dilihat melalui kaca persegi empat yang ada di pintu Book Shower. Dan proses pembersihan bukupun berhenti setelah lampu mati dan buku yang telah dibersihkan bisa langsung diambil.


Buku Tampak Baru
Setelah semua proses memandikan buku tersebut selesai, akan tampak perbedaan yang signifikan daripada sebelumnya. Buku akan menjadi tampak baru dan wangi alamiah karena dalam prosesnya tersebut digunakan aroma untuk menambah kesegaran pada buku.

Book Shower yang sekarang lebih disempurnakan lagi dibandingkan saat peluncurannya pertama kali sekitar dua tahun yang lalu.



BERIKAN KOMENTAR ()